Cut Loss Itu Perlu

Dalam dunia forex, yang dimaksud cut loss adalah merelakan transaksi yang sedang minus untuk mencegah kehilangan uang dalam jumlah yang lebih besar. Hal ini biasanya tidak dilakukan oleh trader pemula lantaran dia berharap harga berbalik dan mengharapkan profit, namun pada kenyataannya harga terus menjauh dan akhirnya terjadi Margin Call, alias perlunya penambahan dana untuk menahan (sebagai jaminan) nilai yang minus tadi. Jika tidak segera diantisipasi dengan cut loss atau penambahan deposit, maka deposit sebelumnya akan hangus.

Sama seperti problematika hidup anak muda yang sarat akan idealisme. Pertama kehidupan anak muda pasti mengalami kebingungan dalam menentukan arah hidupnya, mereka mencoba hal ini dan itu untuk mencari jati diri sebenar-benarnya. Lalu mereka mulai menemukan sesuatu yang pas untuk dirinya, meskipun sebenarnya itu bukanlah yang benar-benar diinginkannya. Beberapa saat kemudian dia sadar, betapa susahnya dia menjalani pilihan pertamanya itu. Pada akhirnya dia harus memilih meneruskannya atau CUT LOSS, berhenti dari pilihan sebelumnya dan memulai hal baru yang lebih membuatnya bahagia hidup di dunia ini.

Apa kamu pernah merasakan hal seperti ini sebelumnya? Kalau iya, apa kamu memilih jalan pertama atau yang kedua? Memilih meneruskannya namun hati terasa sakit karena itu bukanlah keinginanmu yang sebenar-benarnya dalam kehidupanmu, atau lebih memilih meninggalkannya dan memulai hidup baru?

"Seorang Jet Lee tidak akan menjadi artis sengetop itu apabila dia mau dipaksa orang tuanya menjadi ahli matematika"

Saya rasa sebuah cut loss itu perlu dilakukan selama masih awal, alias masih muda. Sebelum terlanjur terlalu parah, pilihlah jalan hidupmu yang benar-benar kamu impikan, harapkan, dan penuh akan semangat hidup apabila kamu bisa terus melakukannya mulai sekarang. Namun apabila kamu terus melakukan pilihan pertamamu, buang jauh-jauh rasa malasmu untuk melakukannya. Aku kira itu adalah hal tersulit dalam hidup…

1 comments:

wina sumarno said...

jika emmang keadanan tidak memungkinkan dan margin kita bisa berbahaya maka pelu sekali memgunakan cut loss, akan tetapi jika persiapan trading kita cukup baik maka sebenarnya bisa saja menggunakan stop loss dengan benar karena telah mengetahui dengan baik indikasi pasar yang terjadi melalui analisa yang dilakukan

Post a Comment

site stats
Exit Like/Suka nya jgn Lupa ya Sob :D