Pikiran Bawah Sadar Menentukan dalam Trading

Ada sebuah pemikiran kayak gini, " gimana ya supaya kita kalau trading tidak terjerumus pada kesalahan yang sama. Terus kita pengen apa yang kita lakukan saat open posisi itu selalu tepat dan tidak jatuh pada lubang yang sama. Habis itu, setiap close posisi selalu tepat pada harga tertinggi atau terendah sebelum harga tersebut memantul lagi. Setiap ada news besar kita selalu tepat pada arah yang benar. Setiap ada gap pada awal pembukaan market di hari Senin, hasil Grap kita selalu kena dan profit. Saya yakin teman-teman pengen seperti itu bukan " ?

Temen-temen pasti pernah alami yang namanya open posisi salah mulu, sampai membuat MC, dan temen-temen juga pernah alamin profit terus padahal open ngawur (faktor beruntung), atau kemarin Sudah lakukan loss gara-gara open terburu-buru eh sekarang kok dilakukan lagi..

Nah, apa yang temen-temen lakukan merupakan gambaran pada diri kita. Bukan pada trading saja, di dunia nyata pun, pasti pernah jatuh, terpeleset, atau terpelanting. Itu semua adalah hasil dari pemikiran kita dimasa lampau. Dan kali ini kita akan mengupas seberapa besar pikiran alam bawah sadar mempengaruhi gaya trading kita, sampai menghasilkan profit yang besar pada transaksi yang kita lakukan. Lanjuuuut..

Oke, Kita sepakat mengupas efek dari bawah sadar, dan semua bentuk tingkah laku, cara pandang, pilihan, gaya hidup, dan karakter selalu terbentuk oleh pikiran kita, baik dari pengaruh lingkungan, gaya hidup, orang tua, atau pun bangsa dan budaya. dari situ pikiran dibentuk, fikiran negatif dan positif akan terjadi secara alami, begitu pula dengan mindset pikiran kita. Kalau kita kaji lebih dalam, trading itu merupakan salah satu dari mindset fikiran bawah sadar kita lho..... Ko bisa? alasannya jika kita selalu melakukan hal-hal tidak disiplin di luar trading seperti makan tidak teratur, sering langgar jadwal kegiatan, sering nunda-nunda pekerjaan, tidak tepati janji, atau remehin pekerjaan, atau jarang beribadah. maka secara tidak langsung akan mempengaruhi di saat kita trading, salah satunya : suka ga ikutin rule sendiri.

Apa yang kita lakukan saat ini, apa yang kita kerjakan esok pagi, dan apa yang kita pernah lakukan di masa lampau itu merupakan kebiasaan, kebiasaan inilah membentuk fikiran bawah sadar. Kita ambil contoh trading saja, jika kita malas, tidak sungguh-sungguh dalam menganalisa, dan selalu meremehkan hal-hal kecil, itu akan berdampak besar pada sistem trading yang kita pakai. Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana kita merubah pikiran bawah sadar mengikuti seperti yang apa kita inginkan? coba kita kaji contoh seperti ini, bila kita berfikir kalau forex itu bisa menghasilkan uang bagi kita, maka begitulah adanya yang ada dalam fikiran, jika kita berfikir kalau forex itu adalah pembunuh modal kita, maka itulah yang akan terjadi. Itulah yang disebut mindset, dimana secara tidak langsung tertanam dalam fikiran, untuk merubah mindset yang baik tentu tidak seketika langsung bisa, perlu waktu dan tekad.

Cara menanamkan mindset, Anda dapat menggunakan beberapa cara, salah satunya bisa menggunakan jurnal trading, itu akan membuat mindset kita tertata rapi. Jangan Anda remehkan mindset ini, kekuatan trading sebetulnya ada pada pola pikir dan psikologis jiwa Anda, bila Anda ingin pergi dari Surabaya ke Jakarta, Anda bisa menyusuri dari darat, laut maupun udara, sama-sama berangkatnya, namun belum tentu kita sampai di Jakarta bersama-sama pula. Keputusan yang Anda ambil akan memberikan dampak yang sangat jauh berbeda, padahal sama-sama keberangkatannya.

Itulah kenapa, 1 sistem, digunakan 2 orang yang berbeda, akan menghasilkan keuntungan yang berbeda pula, kenapa? karena mindset mereka juga berbeda.

1 comments:

Fauzan anggara said...

Benar sekali, saya sangat setuju sekali bahwa trader harus mempunyai mindset yang benar sehingga bisa memperoleh manfaat dari trading, namun mindset yang baik juga harus selaras dengan broker yang kita gunakan. saya sekarang menggunakan broker octafx yang emmberikan saya pelayanan yang optimal terutama dalam kecepatan server yang sangat lumayan cepet tanpa ada delay

Post a Comment

site stats
Exit Like/Suka nya jgn Lupa ya Sob :D