Teknik Martingale

Konsep Martingale
Pada prinsipnya, konsep idea martingale adalah bagaimana kita “menebus” kesalahan dengan membuka position baru, entah searah (averaging) atau berlawanan (cut-switch) dengan kuantitinya berlipat ganda, dengan harapan position yang baru ini profit dan profitnya cukup untuk cover “kesalahan” kita yang sebelumnya tetapi apabila position baru ini masih lagi salah , kita perlu membuka position baru yang kuantitinya juga berlipat ganda dari yang sebelumnya. Dan seterusnya.

Memang, semakin kita membuka posisi baru untuk menebus yang lama, maka risiko kita akan SEMAKIN BESAR kerana jumlah lotnya berlipat ganda.
Andai kita memasang 1 lot dan kemudian posisi ini loss 50 pips, maka untuk menebusnya (sesuai konsep martingale) maka kita membuka 2 lot, dan untuk menebus yang sebelumnya dua lot ini harus profit sekurang-kurangnya 30 pips sehingga= (30 pips x 2 lot) – (50 pips x 1lot) = 60 – 50 = 10 pips .

1 lot adalah level satu, 2 lot adalah level 2, 4 lot adalah level 3 dan seterusnya.

Persoalan sekarang, berapakah jumlah margin yang harus kita sediakan? Dan berapa kali kita sanggup melipat gandakan position kita?

Lihat pengiraan ini, andai kata kita salah melakukan position level satu dan loss 50 pips, level 2 loss lagi 50 pips, dan level 3 loss lagi 50 pips, level 4 loss lag 50 pipsi!!! Dan di level 5 lah kita baru untung 50 pips, jadi pengiraannya seperti dibawah:

level 1 -> 1 lot x -50 pips = -50
level 2 -> 2 lot x – 50 pips = -100
level 3 -> 4 lot x -50 pips = -200
level 4 -> 8 lot x – 50 pips = -400
level 5 -> 16 lot x 50 pip = 800
————————————-
Maka = 50 pips profit

Berapakah margin yang harus kita sediakan, tambah saja: 50 + 100+ 200 + 400 + 800 = 1550, kali dua = 3100 pips. Dengan kata lain untuk position level satu kita harus menyiapkan kuantiti yang sanggup menahan floating 3100 pips tetapi ini terlalu besar, saya cadangkan margin 2500 pips.

4 comments:

satriaku said...

maaf mau tanya lg...jadi berapa dana(brapa $) yg harus kita sediakan utk bisa menahan floating itu....ma kasih

Forex Pemula Cikarang said...

@satriaku, besaran dana itu tergantung lot yg anda gunakan ... sebaiknya gunakan stoploss 1 : 3 atau 1 : 5

pineapple said...

Menggunakan teknik ini apakah modalnya harus besar? Belum pernah menggunakan teknik ini untuk trading di octafx, saya lebih senangny dengan menggunakan scalping gan.

Firma said...

Teknik yang jika dapat direncanakan dengan baik akan sangat menguntungkan sekali ini gan. Tapi saya pikir teknik ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena seperti pisau bermata dua, salah sedikit kita malah bisa mengalami kerugian yang besar karenanya. Tapi dari apa yang saya telah coba sendiri pada saat trading di Gainscopefx.com menggunakan akun demo, teknik ini sangat menguntungkan sekali jika dapat dijalankan dengan baik.

Post a Comment

site stats
Exit Like/Suka nya jgn Lupa ya Sob :D