Cara Menghitung Margin Call

Margin call yaitu suatu keadaan yang dimana open posisi anda sudah tidak memungkinkan untuk diteruskan lagi karena cash equity anda yang menipis, sehingga bisa mengakibatkan Loss Total. Jangan sampai trading anda mencapai Margin Call, oleh karena itu perhatikan ketahanan point anda !!
Cara perhitungan margin call yaitu : (PENTING UNTUK DIKETAHUI !) PERHITUNGAN MARGIN CALL YANG UMUM :

Contoh :

Misalkan modal awal anda adalah $1000 dan anda melakukan order SELL 0.2 lot di GBP/USD. Maka margin (jaminan) yang digunakan adalah $76 (Untuk menghitung margin yang digunakan, lihat pada artikel Menghitung Leverage dan Margin ). Dan sisa modal balance anda (cash equity) setelah dipotong oleh margin jaminan maka akan menjadi $1000 - $76 = $924 . Dan karena anda menggunakan 0.2 lot, maka nilai pergerakan per pip nya menjadi $2 , dan dengan sisa modal yang sebesar $924 tersebut maka anda akan sanggup menahan loss hingga $924 / $2 = 462 point. Sehingga bila loss anda melebihi tahanan tersebut (minus 462 point) maka open posisi anda akan otomatis diclose oleh system, karena untuk menghindari cash equity balance anda menjadi semakin negatif, dan ini dinamakan dengan terkena Margin Call, Sehingga margin call itu berarti jika cash equity anda sampai turun (akibat loss) dibawah margin yang dijaminkan maka anda akan terkena margin call, dan open posisi anda akan diclose secara paksa dan otomatis oleh sistem.

1 comments:

FluentFringre7 said...

Hampir semua trader pernah mengalami Margin Call, bahkan trader dengan kemampuan teknikal yang tinggi sekalipun. Hal itu karena Margin Call tidak bisa dihindari hanya dengan analisa teknikal yang baik, tapi juga wajib diatasi dengan perhitungan Money Management yang mumpuni.

Post a Comment

site stats
Exit Like/Suka nya jgn Lupa ya Sob :D